.

 

Contoh Paragraf Generalisasi

Contoh Paragraf Generalisasi
Mendapatkan hasil sempurna dalam membikin sebuah tugas seperti contoh membuat paragraf generalisasi tentu hasil kesempurnaan sukar untuk diraih bila contoh dari paragraf generalisasi itu sendiri tak ada sebagai panduan yang dapat mengajarkan kita pandai dalam membuat dan menyelesaikan suatu misi to tugas yang mungkin sedang menjadi pekerjaan kalian.

Nah dalam kesempatan ini admin akan memberikan kabar hari ini buat rekan muda mudi yang mungkin masih kurang bisa dan memahami untuk dalam membikin paragraf generalisasi.

dengan adanya contoh paragraf generalisasi yang ada dibawah ini tentunya bisa kalian jadikan sebagai bahan referensi apabila rekan rekan ingin pintar dalam membikin paragraf khususnya paragraf generalisasi hasil dari karya rekan sendiri. Yuk langsung saja disimak isi dari contoh paragraf generalisasi berikut ini.

Contoh Paragraf Generalisasi
============================

Contoh :


Pemerintah telah menjadikan Pulau Komodo sebagai habitat pelestarian komodo. Di Ujung Kulon, pemerintah membuat cagar alam untuk pelestarian badak bercula satu. Selain itu, sejumlah Undang-Undang dibuat untuk melindungi hewan langka dari incaran pemburu. Banyak cara yang telah dilakukan pemerintah untuk melestarikan hewan-hewan langka.

Setelah karangan anak-anak kelas 6 diperiksa, ternyata Iman, Selamet, Enal, dan Deri mendapat nilai 90. Anak-anak yang lain mendapat 75. Hanya Toni yang mendapatkan nilai 60 , dan tidak seorang pun mendapat nilai kurang dari 60. Bisa dikatakan, anak kelas 6 cukup pandai mengarang.

Analogi adalah penalaran induktif dengan membandingkan dua hal yang banyak persamaannya. Berdasarkan persamaan kedua hal tersebut, Anda dapat menarik kesimpulan.

Contoh :

Para atlet memiliki latihan fisik yang keras guna membentuk otot-otot yang kuat dan lentur. Demikian juga dengan tentara, mereka memerlukan fisik yang kuat untuk melindungi masyarakat. Keduanya juga membutuhkan mental yang teguh untuk bertanding ataupun melawan musuh-musuh di lapangan. Oleh karena itu, untuk menjadi atlet dan tentara harus memiliki fisik dan mental yang kuat.

Demikian pula dengan manusia yang tidak berilmu dan tidak berperasaan, ia akan sombong dan garang. Oleh karena itu, kita sebagai manusia apabila diberi kepandaian dan kelebihan, bersikaplah seperti padi yang selalu merunduk.

Paragraf hubungan sebab akibat (hubungan kausal) adalah paragraf yang dimulai dengan mengemukakan fakta khusus yang menjadi sebab, dan sampai pada simpulan yang menjadi akibat.

Contoh :

Kemarau tahun ini cukup panjang. Sebelumnya, pohon-pohon di hutan sebagi penyerap air banyak yang ditebang. Di samping itu, irigasi di desa ini tidak lancar. Ditambah lagi dengan harga pupuk yang semakin mahal dan kurangnya pengetahuan para petani dalam menggarap lahan pertaniannya. Oleh karena itu, tidak mengherankan panen di desa ini selalu gagal.


Itulah dari contoh paragraf generalisasi yang dapat admin share dan berbagi dengan rekan rekan sekalian. Semoga dengan adanya contoh dari paragraf generalisasi diatas akan dapat bermanfaat buat kalian yang membutuhkannya..dan Terimakasih atas kunjungannya...!!!


 
 
 
Contoh Paragraf Generalisasi - Kabar Hari Ini

Kabar Hari Ini

Rebuild by Blogger Kota Bima My Work Jasa Pembuatan Toko Online dan Website Thanks to Blogger.Com